Sebagai penggemar otomotif yang gemar melaksanakan modifikasi pada sepeda motor kesayangan kepunyaan Anda, maka Anda wajib mengetahui apa saja tips dan cara modifikasi motor yang bijak.

Alasannya, modif motor tidak boleh dicoba sembarangan sebab dapat merugikan diri sendiri apalagi orang lain. Tetapi ada juga modifikasi motor yang diperbolehkan dengan tujuan membetulkan keamanan motor, seperti halnya revisi sistem pengereman bawaan dengan sistem pengereman ABS misalnya. Untuk yang masih awam di dunia modif motor, maka berikut ini adalah tips dan triknya:

Tips Modifikasi Motor

modifikasi motor

Cari Part Modifan yang PNP (Plug and Play)

Tips modifikasi motor aman yang pertama adalah saat ingin membeli part motor, pastikan yang memanglah diperuntukkan buat motor Anda. Jadi, pemasangan pernak – pernik, sparepart sampai variasi yang lain dapat dipasangkan tanpa wajib melaksanakan pergantian berarti yang dapat mengganggu motor Anda. Sebab itu, kala membeli komponen motor, Ada baiknya buat lebih teliti.

Membeli Part Murah

Ada banyak tempat membeli part motor yang murah. Salah satunya adalah di marketplace dan toko online, seperti halnya tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, kaskus, blibli, olx dan lain sebagainya.

Dengan membeli di tempat tersebut, maka perhatikan juga ongkos kirimnya dan yang terutama adalah review pembelinya. Buat biayanya sendiri, Anda dapat bandingkan di sebagian toko online buat memperoleh yang sangat murah buat part motor dengan merek dan mutu yang sama.

Cari Bengkel Spesialis Modif

Saat memutuskan melaksanakan modifikasi motor, maka jalani di bengkel yang terpercaya. Hal itu berarti sebab part yang akan dipasang pasti memerlukan penyesuaian. Bengkel motor pasti mempunyai perlengkapan yang lengkap, seperti halnya las listrik, mesin grinding, mesin press dan kompresor cat. Sebagai tipsnya, pilih bengkel yang tidak sangat ramai sebab akan membolehkan motor Anda lebih cepat dikerjakan.

bengkel modifikasi

Tidak Memodifikasi Kelistrikan Jika Tidak Sangat Penting

Sepeda motor membutuhkan tenaga listrik buat menyalakan lampu dan juga pengapian mesin. Sebisa bisa jadi, di saat melaksanakan modifikasi maka jauhi mengganti kelistrikan motor jika tidak berarti. Alasannya, langkah langkah tersebut akan lebih rawan koslet, aki soak, dan garansi dapat lenyap jika motor Anda baru dibeli.

Modifikasi yang Tidak Melanggar Aturan

Tips modifikasi motor aman berikutnya adalah sesuaikan dengan aturan. Modifikasi yang melanggar aturan dapat rawan buat ditilang dan rawan bahaya. Sebab itu, jauhi modifikasi yang tidak berarti dan dapat melanggar syarat dalam lalu lintas. Contohnya adalah mengganti knalpot yang dapat merubah suaranya jadi bising. Tidak hanya itu ikuti juga pemicu universal motor kena tilang petugas.

Jauhi Modifikasi Mesin dan Komponen Berarti Lainnya

Tiap motor yang terbuat di pabrikan telah memperhitungakn performa dan durabilitasnya. Maka, buat motor baru akannya tidak dicoba modifikasi tanpa perhitungan terlebih dulu. Hal ini berbeda buat motor tua yang umumnya lumrah saja buat melaksanakan modifikasi buat tingkatkan performa motor sampai membetulkan sistem keamanan mulai dari pengereman sampai kapasitas motor buat tingkatkan performa.

Jauhi Modifikasi yang Membahayakan

Contoh tipe modifikasi yang dapat memunculkan bahaya adalah mengubahnya dengan ban cacing, modifikasi klakson yang suara membuat kaget pengendara lain, dan sorot lampu yang membuat silau pengendara di depan Anda sebab warna lampu harusnya biru atau kuning.

cara modifikasi motor

Simpan baik – baik Part Orisinil yang Ditukar Part Modifan

Tips modifikasi motor aman berikutnya adalah menyimpan bagian – bagian yang penting. Mengapa part orisinil wajib ditaruh? Salah satu sebabnya adalah sebab sesuatu di saat dapat dipasang kembali di saat akan dijual. Motor dengan part orisinil akan mempunyai harga jual yang lebih baik.

Demikianlah informasi terkait tips Modifikasi Motor Aman. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua serta menambah wawasan kalian khususnya dalam bidang otomotif. Terima kasih!