Untuk mendapatkan penampilan yang lebih trendi dan lebih segar, tidak sedikit orang yang melakukan modifikasi pada mobil kesayangannya. Sekali pun harus merogoh saku cukup dalam, selama modifikasi yang diinginkan bisa terwujud, kenapa tidak. Bagi Anda yang baru mau memodifikasi mobil, tahukah Anda bagian mana saja yang biasanya di modifikasi? Berikut ini penjelasan singkat mengenai bagian mobil yang dapat di modifikasi.

Bagian Mobil Dapat di Modifikasi

Bagian velg Mobil Dapat di Modifikasi

Velg

Di antara semua bagian mobil, velg merupakan bagian yang paling mudah dan sering dimodifikasi. Meskipun begitu, ketika akan mengganti velg tidak boleh sembarangan karena salah memilih velg bisa membahayakan. Jangan karena model velg tersebut bagus maka langsung diganti tapi ternyata tidak cocok dengan kerangka. Setidaknya, ada lima hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan menggati velg mobil kesayangan.

Ketika akan modifikasi mobil pada bagian velg, pertama, perhatikan jarak antara lubang baut velg, apakah sesuai dengan rangka roda. Kedua, ukuran diameter velg, tidak boleh terlalu besar atau kecil. Ketiga, bahan velg yang digunakan. Keempat, offset velg yang akan dibeli. Terakhir dan yang paling penting adalah berapa budget yang dimiliki, jangan paksakan membeli velg baru jika tidak mencukupi.

Kaca Film

Modifikasi Kaca Film

Pada mobil, kaca film digunakan untuk mengurangi paparan sinar matahari dan ini juga sering dimodifikasi. Sama halnya seperti memilih velg sebagai aksesoris ban Anda, memilih kaca film juga tidak boleh sembarangan. Ada baiknya kaca film yang dipasang pada kaca samping tidak terlalu gelap. Adapun untuk kaca depan maka gunakan film yang cukup bening supaya tidak menganggu saat berkendara.

Audio

Bagi para pecinta musik, memodifikasi audio menjadi salah satu hal yang sering kali dilakukan. Namun, untuk Anda yang masih awam dalam modifikasi mobil bagian dalam mobil ini, mungkin sedikit kebingungan mana audio yang cocok untuk jenis musik yang Anda sukai. Bagi penggemar musik halus, Anda bisa memodifikasi audio dengan sistem Sound Quality (SQ) yang mampu menghasilkan suara jernih.

Akan tetapi, bagi Anda yang suka musik aliran keras maka modifikasi audio yang tepat adalah menggunakan sistem Sound Pressure Level (SQL). Sistem ini mampu menghasilkan subwoofer dengan dentuman yang sangat kuat. Hanya dengan menggunakan audio ini saja, meskipun sedang berada di dalam mobil, Anda akan merasakan suasana sedang berada di dalam club.

Mesin

Untuk meningkatkan performa kendaraan, memodifikasi bagian mesin mobil memang diperlukan. Modifikasi mobil pada bagian mesin ini biasanya pada penggantian silinder, penggantian sistem menggunakan induksi atau tanpa induksi tambahan. Hal yang perlu diperhatikan ketika akan memodifikasi mesin ini adalah harus melakukan general tune-up terlebih dulu, seperti mengganti filter oli atau bensin, ganti busi dan lainnya.

modifikasi bagian dalam mobil

Aksesoris Mobil Lainnya

Jenis modifikasi terakhir yang biasa dilakukan pada mobil adalah modifikasi aksesoris di bagian lainnya, seperti penambahan GPS untuk navigasi, penggantian suara klakson supaya lebih nyaring atau memasang stiker pada body. Modifikasi penampilan yang tepat, terutama pada body, benar-benar akan memberikan kesan baru pada kendaraan yang Anda miliki sekali pun mobil tersebut sudah berusia tua.

Jika Anda sudah yakin bagian mana yang akan dimodifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memilih bengkel modifiaksi mobil yang tepat. Pastikan bengkel tersebut sudah terjamin kualitas dan profesionalitasnya supaya hasil modifikasi sesuai yang diinginkan. Pertimbangkan juga harga yang ditawarkan, apakah sesuai, lebih tinggi atau lebih rendah dengan harga yang ada di pasaran.