Tidak selamanya memodifikasi mobil dilakukan hanya untuk sekedar tampil bergaya. Terkadang, modifikasi dilakukan karena memang perlu demi meningkatkan performa kendaraan. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan bantuan dari bengkel, jika memungkinkan bengkel tersebut merupakan bengkel khusus modifikasi. Untuk mendapatkan kepuasan dalam hasil modifikasi mobil, ada baiknya Anda simak beberapa tips berikut ini.

tips memodifikasi kendaraan

Jangan Cepat Percaya

Tidak sedikit orang mencari bengkel modifikasi dari internet karena itu menjadi sarana tercepat dalam mencari bengkel yang dibutuhkan. Anda juga mungkin bertanya atau meminta rekomendasi dari orang lain mengenai bengkel yang bisa memberikan layanan yang terbaik. Akan tetapi, jangan cepat percaya dengan semua usulan tersebut, baik dari internet atau hasil dari rekomendasi.

Anda tetap harus memastikan sendiri benar tidaknya rekomendasi dan ulasan yang diberikan di internet. Untuk memastikan hal tersebut, tidak ada salahnya Anda mengunjungi bengkel modifikasi mobil secara langsung. Dengan mengunjungi bengkel, Anda juga bisa melihat sendiri bagaimana kinerja para karyawan yang kelak akan mengerjakan modifikasi mobil Anda jadi itu akan menghilangkan keraguan.

Popularitas Bukan Segalanya

Pernah merasa ragu untuk memasuki bengkel yang sepi atau merasa bersemangat mengunjungi bengkel yang banyak dibicarakan di media sosial? Memang tidak salah dengan hal itu akan tetapi, popularitas bukanlah segalanya. Tidak selamanya bengkel yang terlihat sepi memiliki kualitas kerja yang buruk. Begitu juga sebaliknya, tidak selamanya bengkel yang ramai dibicarakan di media sosial adalah yang terbaik.

tips memodifikasi mobil

Jangan Berikan DP Terlalu Besar

Dalam mengerjakan modifikasi, bengkel modifikasi mobil biasanya akan meminta down payment atau uang muka. Sebaiknya, perhatikan seberapa besar DP yang ditentukan. Akan lebih baik jika DP yang disepakati tidak terlalu besar karena pada dasarnya uang muka adalah sebagai tanda jadi untuk menggunakan jasa bengkel tersebut.

Setelah membayar uang muka, jangan lupa juga untuk meminta kwitansi yang bertanda tangan dan berkwitansi yang menyatakan bahwa transaksi itu resmi dilakukan. Pastikan juga bahwa dalam kwitansi tersebut mencantumkan tanggal kontrak tersebut berlangsung dan tanggal selesai pengerjaan modifikasi. Dengan begitu sudah bisa dilihat tanggung jawab dari pihak bengkel.

Pastikan Sudah Memiliki Tema atau Konsep Modifikasi

Sebagus apapun bengkel modifikasi mobil yang Anda datangi, sebelum Anda mendatangi tempat tersebut Anda sudah harus memiliki tema atau konsep modifikasi mobil yang diinginkan. Ini akan menjadi landasan bagi para pekerja bengkel dalam memodifikasi kendaraan Anda. Ini juga akan menjadi panduan supaya modifikasi yang dilakukan tidak melenceng jauh dari yang diinginkan.

Luangkan Waktu untuk Memeriksa

Mobil Anda memang sudah ada di tangan ahlinya namun bukan berarti Anda akan lepas tangan, menyerahkan semuanya ke pihak bengkel. Anda tetap harus meluangkan waktu untuk memeriksa pekerjaan para petugas bengkel, setidaknya tiga hari sekali. Meskipun sudah ada pihak pengawas tersendiri dari pihak bengkel supaya tidak ada kesalahan, proses panjang modifikasi ini tetap perlu dipantau oleh pemilik kendaraan.

tips modif kendaraan

Memiliki Garansi

Saat sudah selesai, apabila ada pengerjaan yang tidak sesuai maka tidak mengapa Anda melakukan protes akan tetapi protes sewajarnya saja. Tapi, apabila memang di kemudian hari ditemukan adanya ketidaknyamanan atau ketidaksesuaian, Anda bisa mengajukan keluhan. Jika bengkel tersebut dan bertanggung jawab maka pemilik bengkel biasanya akan memberikan garansi untuk mengantisipasi hal seperti itu.

Tips memilih bengkel modifikasi mobil di atas bisa membantu Anda memilih bengkel yang tepat. Pastikan saja Anda sudah mempersiapkan budget yang sesuai untuk mewujudkan modifikasi yang diinginkan dan dibutuhkan. Namun jika budget tidak memungkinkan, Anda bisa menunda modifikasi apalagi modifikasi yang diinginkan bukan sesuatu yang krusial.