Identitas seseorang penggila otomotif tidak lain adalah kendaraannya. Oleh sebab itu, motor umumnya dimodifikasi sedemikian rupa biar sesuai dengan karakter dan selera pemotor itu sendiri. Tidak jarang juga cara modifikasi motor yang nyeleneh kita temui di jalanan. Chopper, Bobber, Japstyle, Scramble, Bratstyle, Caferacer dan gaya motor yang lain yang nge – hits membuat banyak kendaraan dimodifikasi secara gila– gilaan.

Nah, taukah Anda apa saja aturan biar cara memodifikasi motor tidak berujung surat tilang? Nih di bawah ini ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

Mengganti ukuran motor

tips wajib modif motor

Jika Anda sempat melihat motor matic yang berganti jadi chopper yang panjang, maka Anda sudah melihat modifikasi motor yang terlarang. Sesungguhnya gak terlarang juga sih jika telah menjajaki uji kelayakan, tetapi jika belum menjajaki uji kelayakan ya harus tilang tuh.

Honda Beat misalnya. Dengan wujud yang compact, banyak juga pemotor yang mau Beat – nya dimodif. Cara modifikasi motor beat yang total kesimjugannya jadi tenar di jalanan. Sementara itu cara modif motor beat ini rawan tilang bro. Cermatlah dalam modifikasi motor.

Mengganti rangka

Tips modifikasi motor berikutnya adalah mengganti rangka motor dapat berdampak parah jika dicoba secara sembarangan. Oleh karenanya hal ini di larang dalam undang– undang yang berlaku. Lagian rangka motor telah ada no seri buat administrasi motormu. Jika Anda ganti, gak heran jika nanti motormu ditahan oleh pihak yang berwajib.

Apalagi motor kopling seperti Vixion, Thunder, RX King yang populer garang juga kadangkala masih di modif biar nampak lebih macho. Sementara itu cara modifikasi motor vixion umumnya populer dengan bayaran yang mahal. Begitu juga dengan cara modifikasi motor Thunder dan cara modifikasi motor RX King yang gak jarang buat kantong pemotor langsung kempis.

Bore up mesin

tips modif motor biar gak ditilang

Siapa sih gak pengen mesin yang dapat buat motor lari sekencang– kencangnya? Motor yang umumnya nampak lemah seperti Jupiter Z dapat jadi“ jahat” lantaran menaikkan kapasitas mesinnya. Cara modifikasi motor Jupiter Z seperti ini banyak banget ditemui di jalanan.

Motor lain yang kerap bore up adalah Legenda dan Supra. Kedua tipe motor ini memanglah populer nakal di kelasnya. Menjadikannya kencang lumayan dengan melaksanakan bore up dan penyetelan karburator yang sesuai.

Cara modifikasi motor legenda dan cara modifikasi motor supra seperti ini banyak ditemui di balapan liar tahun 2010 – an. Kedua motor ini senantiasa ada disetiap event balap liar jalanan. Sayangnya modifikasi ini juga dilarang oleh undang– undang! Jangan asal bore up mesin jika Anda gak pengen bayar tilang ke polisi.

Mengganti warna

Tips modifikasi motor berikutnya adalah mengganti warna. Meski sesungguhnya gak ada hubungannya dengan keselamatan berkendara, tetapi mengganti warna juga dilarang jika warna yang baru berbeda dengan yang ada di stnk motormu.
Umumnya motor standar seperti Honda Revo dan Honda Spacy akan nampak biasa aja jika rupanya tidak terbuat custom. Oleh sebab itu cara modifikasi motor honda spacy dan cara modifikasi motor revo biasanya mengaitkan penggantian warna.

tips modifikasi warna motor

Menghilangkan perlengkapan keselamatan

Modifikasi dengan mencopot spion dan perlengkapan yang mendukung keselamatanmu telah tentu dilarang. Gak butuh alibi panjang buat menjelaskannya. Telah tentu sebab hal ini beresiko. Jangan jadi pengendara bego dengan mengendarai motor yang tidak dilengkapi dengan pernak – pernik pengaman seperti lampu dan spion. Alih alih nampak keren, hal itu malah membuat Anda nampak bodoh di mata banyak orang.

Demikianlah informasi terkait tips Modifikasi Motor agar tidak kena tilang. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda khususnya yang saat ini sedang bingung mengenai modifikasi motor. Terima kasih!